08121026237 - 081280589457   679B873

Polda Metro Jaya Berhasil Gagalkan Penyendupan 25 Kg Shabu

 Oleh : Mochtar Siahaan | Selasa, 06 Februari 2018 - 15.48 WIB | Dibaca : 148 kali
Polda Metro Jaya Berhasil Gagalkan Penyendupan 25 Kg Shabu
Kasus ini dapat digagalkan setelah lebih satu bulan Tim Khusus Subdit II DAN Unit 3 Subdit II yang dipimpin Dony Alexander SIK M.H melakukan penyelidikan dan pengintaian.

 

Sondinews -  Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya berhasil menggagalkan penyelundupan 25 Kg Shabu .

Barang haram itu diselundupkan dari Malaysia melalui jalur laut ke Pekan Baru oleh sindikat mafia Internasional. Demikian dikatakan Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Raden Prabowo Argo Yuwono kepada Wartawan di Jakarta, Senin 5 Pebruari 2018.

Kasus ini dapat digagalkan setelah lebih satu bulan Tim Khusus Subdit II DAN Unit 3 Subdit II yang dipimpin Dony Alexander SIK M.H melakukan penyelidikan dan pengintaian, kata Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, Kombes Suwondo Naenggolan yang mendampingi Kabid Humas saat memberi keterangan kepada Wartawan.

Dalam kasus ini tiga anggota sindikat Internasional tersebut berhasil ditangkap, yakni DO alias D, HW alias S dan EP. Namun salah seorang diantaranya, tersangka DO terpaksa ditembak karena saat pengembangan dilapangan melakukan perlawan dan merebut senjata api anggota Tim. Anggota yang melihat perlawan itu bertindak tegas melepaskan tembakan, ujar Suwondo .

“Tembakan peringatan tidak dihiraukan, sehingga anggota kita dengan terpaksa menembak bagian tubuh tersangka. Sebenarnya, kami sangat menyeyangkan peristiwa tersebut, sebab penyidik masih berusaha mengorek keterangan dari tersangka untuk mengungkap jaringan sindikatnya yang lebih besar”, kata Direktur Reserse Narkoba itu.

Menurut Suwondo, anggotanya yang dipimpin AKBP Dony Alexander selama satu bulan lebih melakukan penyelidikan dan mengikuti perjalanan anggota jaringan sindikat Internasional tersebut dari Pekan Baru hingga Jakarta. Sindikat penyelundup narkoba ini merupakan jaringan Malaysia, Riau, Padang dan Jakarta.

Untuk mengelabui petugas, menurut Suwondo, Shabu sebanyak 25 Kg itu oleh anggota sindikat Internasional itu dikamuflasekan dalam bungkus Tes China, sehingga seolah – olah Shabu itu The China. Penyelundupan narkoba dengan modus operandi seperti sudah tiga kali berhasil digagalkan Tim Reserse Direktorat Narkoba yang dipimpinnya.

Para tersangka berhasil ditangkap bulan Januari lalu. Tersangka DO alias D ditangkap Rabu 24 Januari 2018 dari Hotel Sentral di kamar 529 Jalan Pramuka, Jakarta Pusat, tersangka HW alias S ditangkap 25 Januari 2018 dari Restauran KFC di Mall Arion, Rawamangun, Jakarta Timur dan tersangka EP ditangkap 27 Januari 2018 di Koto Mungka, Kecamatan Mungka, Kabupaten Limapuluh Kotam Sumatera Barat.

Tersangka DO terpaksa ditembak karena ketika hendak menuju tempat tinggal anggota jaringan sindikat yang disebutnya, melawan dan merampas senjata api anggota.

KOMENTAR ANDA