08121026237 - 081280589457   679B873

Terkait OTT di Jambi, KPK Akan Segera Periksa Zumi Zola

 Oleh : M Harahap | Selasa, 05 Desember 2017 - 11.24 WIB | Dibaca : 100 kali
Terkait OTT di Jambi, KPK Akan Segera Periksa Zumi Zola
Penyidik KPK akan meminta keterangan Zumi dalam kasus dugaan suap pengesahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pemprov Jambi tahun anggaran 2018.

 

Sondinews.  -  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan bakal memanggil Gubernur Jambi, Zumi Zola. Penyidik KPK akan meminta keterangan Zumi dalam kasus dugaan suap pengesahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pemprov Jambi tahun anggaran 2018.

"Semua pihak yang dianggap perlu untuk dimintai keterangan karena dinilai oleh penyidik memiliki informasi yang dibutuhkan untuk proses penyidikan ya akan dipanggil," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha di Gedung KPK, Selasa (5/12/2017).

Beberapa waktu lalu, penyidik telah menggeledah tiga lokasi di Provinsi Jambi, di antaranya kantor Gubernur Jambi, kantor Sekda Pemprov Jambi dan DPRD Jambi. Dari penggeledahan itu, penyidik menyita sejumlah dokumen dan catatan keuangan-keuangan pembahasan APBD.

Menurut Priharsa, semua dokumen dan catatan keuangan itu tengah ditelaah penyidik. "Saat ini penyidik dalam proses untuk menganalisis temuan-temuan yang didapat itu," ujarnya.

Baca: KPK Sita Dokumen dan Catatan APBD di Kantor Zumi Zola

KPK sebelumnya menetapkan empat orang tersangka terkait kasus dugaan suap pengesahan APBD Pemprov Jambi tahun anggaran 2018. Keempat tersangka itu antara lain Anggota DPRD Jambi Supriyono, Plt Sekda Pemprov Jambi Erwan Malik, Plt Kadis PUPR Arfan dan Asisten III Bidang Administrasi Pemprov Jambi Saifuddin.

Dalam kasus ini, Supriyono diduga telah menerima suap sebesar Rp400 juta dari tiga pejabat Pemprov Jambi tersebut. Suap diberikan agar Supriyono yang juga menjebat sebagai Ketua DPW PAN menghadiri rapat pengesahan APBD Jambi tahun 2018.

Dari hasil pemeriksaan bahkan terungkap jika Pemprov Jambi di bawah kepemimpinan Gubernur Zumi Zola telah menyiapkan 'uang ketok' sebanyak Rp6 miliar untuk mengguyur DPRD Jambi agar menyetujui APBD tahun anggaran 2018 tersebut.

Namun, dari hasil OTT pada Selasa 28 November 2017, tim Satgas KPK baru menyita Rp4,7 miliar. Sementara Rp1,3 miliar lainnya sudah diserahkan pihak Pemprov Jambi kepada anggota DPRD Jambi lainnya.

KOMENTAR ANDA