08121026237 - 081280589457   679B873

Gunung Agung Meletus, Gemuruh Terdengar hingga Radius 10 Km

 Oleh : Mochtar Siahaan | Senin, 27 November 2017 - 05.27 WIB | Dibaca : 148 kali
Gunung Agung Meletus, Gemuruh Terdengar hingga Radius 10 Km
Erupsi Gunung Agung terus berlangsung. Hujan abu mengarah ke timur-tenggara ke arah Lombok. Status Siaga.

 

Sondinews.  -  Hingga Minggu (26/11), Gunung Agung terus meletus. Kapusdatin BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan ketinggian erupsi mencapai 3.000 meter.

Sutopo meminta agar masyarakat tak terpengaruh isu tentang Gunung Agung, dan lebih memercayakan pada imbauan pemerintah.

Erupsi Gunung Agung terus berlangsung. Hujan abu mengarah ke timur-tenggara ke arah Lombok. Status Siaga.," ungkap Sutopo lewat akun media sosialnya. Hal tersebut juga disampaikannya saat dihubungi CNNIndonesia.com akan update kondisi Gunung Agung pagi ini.

Erupsi Gunung Agung, kata dia, dilihat dari daerah Muncan Karangasem. Abu kelabu tebal terus keluar dari kawah Gunung Agung.

"Warna kuning kemerahan tampak dari erupsi Gunung Agung adalah efek cahaya sinar matahari, bukan dari lava pijar atau api yang keluar dari kawah Gunung Agung. Kolom letusan abu vulkanik hingga 3.000 meter dari puncak kawah Gunung Agung," tambah dia.

Lebih jauh, Sutopo juga memberi peringatan akan sebaran abu vulkanik Gunung Agung yang mengarah ke wilayah Lombok.

Sebelumnya, pada pukul 05:05 WITA, Sutopo mengabarkan erupsi gunung agung teramati ketinggian 2.000 meter dari atas puncaknya. Kemudian mengalami peningkatan pada pukul 05:45 dengan perkiraan ketinggian 3.000 meter dari atas puncak. Ia menuturkan ancaman potensi bahaya masih berupa ancaman abu vulkanik.

Sementara itu, Sutopo sebelumnya juga mengabarkan, beberapa desa di sekitar Gunung Agung dihujani abu tipis. Beberapa di antaranya adalah Desa Besakih, dusun di bagian atas Desa Pempatan, dan Desa Temukus. Masyarakat di desa yang terkena hujan abu tipis tersebut segera melakukan evakuasi mandiri ke arah selatan.

Mereka melakukan evaluasi mandiri dengan menggunakan sepeda motor, mobil pick up, dan kendaraan lainnya. Evakuasi ini dibantu oleh dua truk Basarnas untuk warga Dusun Puregay Desa Pempatan.

Masyarakat yang masih berada dalam radius 6 km dan perluasan sektoral ke arah Utara-Timur Laut dan Tenggara-Selatan-Barat daya sejauh 7,5 km diimbau untuk segera mengungsi dengan tertib dan tenang. Daerah tersebut harus dikosongkan sesuai rekomendasi PVMBG karena berbahaya.

KOMENTAR ANDA