08121026237 - 081280589457   679B873

Ini Tips Mudik Menggunakan Kendaraan Sepeda Motor

 Oleh : M Harahap | Kamis, 22 Juni 2017 - 10.23 WIB | Dibaca : 462 kali
Ini Tips Mudik Menggunakan Kendaraan Sepeda Motor
Kesiapan transportasi pun diperlukan untuk menunjang keselamatan bagi para pengendara maupun penumpangnya.

 

Sondinews.  -  Menjelang hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah pada 25 Juni 2017 mendatang, warga Ibu Kota tengah bersiap-siap pulang ke kampung halaman untuk merayakan lebaran bersama sanak keluarga.

Kesiapan transportasi pun diperlukan untuk menunjang keselamatan bagi para pengendara maupun penumpangnya. Saat ini kendaraan roda dua atau sepeda motor masih menjadi favorit masyarakat. Namun, kendaraan ini kerap kali mengalami kecelakaan. Banyak faktor yang membuat keselamatan terganggu, salah satunya pengaman yang tidak cukup baik.

Oleh karena itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono memberikan tips untuk pemudik yang ingin pulang ke kampung halaman dengan menggunakan sepeda motor.

1. Kirim Sepeda Motor Via Pos
Kabid Humas menyebutkan sebaiknya masyarakat tidak menggunakan transportasi sepeda motor. Sebab tingkat keamanannya kurang baik. Ia menyarankan agar kendaraan roda dua itu untuk dikirim melalui pos dan pemudik bisa menggunakan bus untuk mudik lebaran.

"Mudik naik sepeda motor, sebaiknya (sepeda motor) dikirim melalui pos dan yang bersangkutan naik bus. Kalau jalan naik jarak jauh," katanya, Kamis (22/6/2017).

2. Jangan Bawa Banyak Barang
Menurutnya, dengan membawa barang yang cukup banyak seperti kayu-kayu atau bahkan membuat bagasi sendiri di sepeda motor maka itu dapat menimbulkan hal yang tidak di inginkan.

3. Jangan Kelebihan Penumpang
Kendaraan sepeda motor memang selaiknya digunakan untuk dua orang. Oleh karenanya Kabid Humas menghimbau agar pemudik tidak membawa penumpang atau sanak keluarga lebih dari anjuran pabrik.

"Jangan menambah untuk orang naik. Sehingga bisa sampai 5 orang (penumpang). Spesifikasi (penumpang) kan dari pabrik ga segitu. Nantikan bisa berpengaruh itu," paparnya.

4. Jika Mengantuk, Segera Istirahat
Apabila pengendara sudah mulai terasa kantuk dan lelah. Ia menyarankan sebaiknya untuk beristirahat agar dapat menjaga stamina untuk berkendara dengan aman dan nyaman.

"Kemudian kalau mengantuk ia (pemudik) berhenti. Jangan dipaksakan naik sepeda motor, jangan di tengah-tengah jalannya ya pinggir aja. Sehingga hati-hati. Pokoknya kalau ada rasa capek berhenti. Lalu, cari jalan yang terang jangan sampai terkena lubang atau sebagainya, " katanya.

KOMENTAR ANDA