08121026237 - 081280589457   679B873

Komjen Budi Gunawan Akan Dipromosikan Sebagai Kepala BIN

 Oleh : Mochtar Siahaan | Selasa, 21 Juni 2016 - 13.09 WIB | Dibaca : 2481 kali
Komjen Budi Gunawan Akan Dipromosikan Sebagai Kepala BIN
Saat ini beredar dua nama calon pengganti Komjen Pol. Budi Gunawan sebagai Wakapolri.

 

Sondinews. -  Komisaris Jenderal ( Komjen ) Pol. Budi Gunawan yang kini menjabat Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia ( Wakapolri ) akan dipromisikan sebagai Kepala Badan Intelijen Negara ( BIN ) menggantikan Letnan Jenderal ( Pur ) Sutiyoso. Demikian dikatakan Ketua Komisi III DPR-RI, Bambang Soesatyo di gedung DPR Senayan, Jakarta Pusat, Selasa 21 Juni 2016.

Saat ini beredar dua nama calon pengganti Komjen Pol. Budi Gunawan sebagai Wakapolri, yakni Wakil Kepala Badan Intelijen Keamanan ( Baintelkam ) Irjen Pol.Lutfi Lubihanto dan Kepala Lembaga Pendidikan Polri ( Lemdikpol)  Komjen Pol.Syafruddin. namun benar tidaknya kedua nama itu sebagai pengganti Budi Gunawan, tergantung Presiden Joko Widodo ( Jokowi ), ujar Bambang Soesatyo. 

Ketua Komisi III DPR itu lebih lanjut mengatakan, kedua nama calon pengganti Wakapolri itu  mencuat  karena Komjen Budi Gunawan akan diberi posisi baru, yakni sebagai Kepala BIN menggantikan Sutiyoso yang akrab disapa Bang Yos itu. Namun demikian, mengenai siapa pengganti Wakapolri sebaiknya dibicarakan bersama antara Tito Karnavian sebagai Kapolri yang baru dengan Budi Gunawan. Itu perlu untuk menjaga keharmonisan hubungan Tito Karnavian dengan para senior-seniornya di Polri.

Sementara itu Komjen Tito Karnavian yang ditanya seusai buka puasa bersama dengan Presiden Jokowi di Rumah Dinas Ketua DPR-RI, Senin malam 20 Juni 2016 mengatakan, dirinya belum memikirkan itu ( siapa Wakapolri ). Saat ini dia sedang fokus mempersiapkan dirinya menjalani  fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan dihadapan Anggota Kimisi III DPR, Kamis 23 Juni 2016.

KOMENTAR ANDA