08121026237 - 081280589457   679B873

Nasib Jessica Kumala Wongso Menghitung Hari

 Oleh : Mochtar Siahaan | Jumat, 13 Mei 2016 - 11.33 WIB | Dibaca : 792 kali
Nasib Jessica Kumala Wongso Menghitung Hari
Apabila hinga 29 Mei 2016 ini berkas perkaranya belum P-21 atau tetap ditolak oleh pihak Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta.

 

Sondinews.  -  Masa penahanan Jessica Kumala Wongso, tersangka kasus pembunuhan Mirna Wayan Solihin tinggal menghitung hari. Apabila hinga 29 Mei 2016 ini berkas perkaranya belum P-21 atau tetap ditolak oleh pihak Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, maka tersangka di bebaskan demi hukum dan pihak penyidik harus mengeluarkannya dari sel tahanan Polda Metro Jaya.
Terakhir, untuk yang ke empat kalinya pihak penyidik menyerahkan berkas perkara Jessica Kumala Wongso ke Kejaksaan. Apakah akan dinyatakan sudah lengkap atau P-21, hingga berita ini diterbitkan belum ada keputusan dari Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, pihak penyidik masih menunggu. Sedang masa tahanan Jessica tinggal 16 hari lagi.
Berdasarkan catatan Sondinews.com, berkasa perkara tersangka Jessica Kumala Wongso sudah tiga kali dikembalikan pihak Kejaksaan pada penyidik Polda Metro Jaya karena belum lengkap. Pihak Kejaksaan sejak pertama kali berkas dikembalikan, memberi petunjuk agar pihak penyidik melengkap dua alat bukti yang berkaitan dengan kasus pembunuhan tersebut. Namun hingga tiga kali berkasnya dikembalikan, apa yang diminta pihak Kejaksaan tidak dapat dipenuhi penyidik.
Wartawan Sondinews belum mendapat keterangan resmi, baik dari penyidik maupun kejaksaan, apa dua alat bukti yang dimaksud. Mengapa pihak penyidik tidak mampu memenuhi permintaan pihak kejaksaan tentang dua alat bukti tersebut.Di mana kesulitannya ? Sumber Portal Kriminal menyebutkan, dua alat bukti yang diminta pihak Kejaksaan itu berkaitan dengan apa yang disangkakan oleh penyidik dilakukan Jessica.
Sebagaimana diberitakan media massa selama ini, dikutip dari keterangan Direktur Reseser Kriminal Umum ( Dirreskrimum ), Kombes Pol.Drs.Krishna Murti, bahwa Jessica Kumala Wongso adalah tersangka kasus pembunuhan Mkirna Wayan Solihin. Pembunuhan itu dilakukan dengan menggunakan racun sianida yang dituangkan ke gelas kopi korban. Akan tetapi untuk menguatkan sangkaan itu, yakni dua alat bukti yang diminta pihak kejaksaan, hingga berkas perkaranya tiga kali dikembalikan tidak dilengkapi oleh penyidik.
Penyerahan berkas yang ke empat kali atau terakhir, apakah telah dilengkapi penhyidik atau belum, Portal Kriminal.com belum mendapat keterangan resmi. Namun baru-baru ini Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol.Drs.Moechgiyarto kepada wartawan menyatakan, bahwa tidak ada keharusan pihaknya memenuhi dua alat bukti yang diminta pihak kejaksaan.
Menurut Kapolda, pihak kepolisian tugasnya mencari bukti-bukti sebanyak-banyak dan selanjutnya berkas perkara diserahkan ke kejaksaan untuk selanjutnya diserahkan ke pengadilan. Hakim nanti yang memutuskan, apakah seseorang tersangka itu dihukum atau di bebeaskan atau dilepaskan dari tuntutan hukum. Tapi dalam kasus Jessica Kumala Wongso ini menurut Kapolda, telah terjadi pergeseran dalam mengimplementasikan hukum.

KOMENTAR ANDA