08121026237 - 081280589457   679B873

Berkas Jessica Wongso Terus Dikembalikan Kejaksaan

 Oleh : Mochtar Siahaan | Selasa, 10 Mei 2016 - 16.20 WIB | Dibaca : 1124 kali
Berkas Jessica Wongso Terus Dikembalikan Kejaksaan
Penyidik berharap berkas tersebut dapat diterima dan dinyatalan telah lengkap oleh pihak Kejaksaan.

 

Sondinews. - Untuk ke empat kalinya, Senin 9 Mei 2016, penyidik Polda Metro Jaya melimpahkan berkas perkara Jessica Kumala Wongso, tersangka kasus pembunuhan Mirna Wayan Solihin, ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta. Tentu penyidik berharap berkas tersebut dapat diterima dan dinyatalan telah lengkap oleh pihak Kejaksaan.

Berkas pekara tersangka Jessica sudah tiga kali dikembalikan ke Polda Metro Jaya karena tidak lengkap atau belum dilengkapi penyidik sebagaimana diminta pihak Kejaksaan. Padahal apa yang diminta pihak Kejaksaan itu sudah diajukan sejak pertama kali berkas dikembalikan.

Akan tetapi hingga tiga kali berkas dikembalikan, apa yang diminta oleh pihak Kejaksaan itu tidak juga dilengkapi penyidik. Demikian sumber Sondinews.com di Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, mengapa berkas Jessica Kumala Wongso berulangkali dikembalikan ke Polda Metro Jaya, Selasa 10 Mei 2016.  

Sumber Sondinews.com itu tidak bersedia menjelaskan apa yang diminta pihak Kejaksaan untuk dilengkapi penyidik. Namun katanya, apa yang diminta itu sangat penting untuk menentukan dapat atau tidak berkas perkara Jessica dilimpahkan ke pengadilan. Selama petunjuk atau permintaan pihak  Kejaksaan itu tidak dilengkapi penyidik, maka berkas perkara Jessica tetap dikembalikan. Sedang masa penahanan Jessica tinggal 19 hari lagi, setelah itu harus dibebaskan demi hukum.

Lebih lanjut sumber Sondinews.com mengatakan, jika masa penahanan habis sebagaimana diatur dalam Kitab Undang-Undang Hukum Acara  ( KUHAP ), maka tersangka Jessica harus dikeluarkan dari sel tahanan untuk menghirup udara bebas. Artinya, Jessica dibebaskan demi hukum.

Beberapa waktu yang lalu, pengacara Jessica telah mengancam akan menuntuk pihak penyidik. Mereka sangat yakin bahwa kliennya, wanita yang pernah menempuh pendidikan di Australia itu tidak bersalah atas kematian sahabatnya Mirna Wayan Solihin, yang disebut penyidik tewas karena kopi yang diminumnya bercampur racun sianida.

Pembunuhan dengan racun sianida itu terjadi awal Januari 2016. Kemudian penyidik Polda Metro Jaya menetapkan Jessica Kumala Wongso sebagai tersangka dan selanjutnya menjebloskannya ke sel tahanan.

Hingga berita ini diterbitkan, Jessica Kumala Wongso telah menjalani masa penahanan selama 101 hari. Massa penahanannya tinggal 19 hari lagi. Apabila hingga 29 Mei 2016 berkas perkaranya tetap ditolak pihak Kejaksaan, maka pihak tersangka akan mengajukan tuntutan.

KOMENTAR ANDA