08121026237 - 081280589457   679B873

Indonesia - Hongaria Sepakat Meningkatkan Kerjasama di Bidang Pengelolaan Air dan Energi Terbarukan

 Oleh : Mochtar Siahaan | Senin, 01 Februari 2016 - 14.30 WIB | Dibaca : 589 kali
Indonesia - Hongaria Sepakat Meningkatkan Kerjasama di Bidang Pengelolaan Air dan Energi Terbarukan
Kerja sama diteken di sela-sela pertemuan bilateral kedua negara di Istana Merdeka, Jakarta.

 

Sondinews.  -  Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban sepakat meningkatkan kerja sama di bidang pengelolaan air dan energi terbarukan. Kerja sama diteken di sela-sela pertemuan bilateral kedua negara di Istana Merdeka, Jakarta.

"Tadi baru saja bilateral. Kita segera kerja sama proyek pengelolaan air di Indonesia dan energi terbarukan," kata Presiden Jokowi dalam konferensi pers di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Senin (1/2/2016).

Jokowi menjelaskan, proyek pengelolaan air nantinya dilakukan di 34 kecamatan yang tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia.

Sedangkan investasi di bidang energi terbarukan dilaksanakan di Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

"Penyediaan air di 34 kecamatan. Kita juga sambut baik investasi di Tapanuli Tengah," ujar Jokowi.

Selain itu, Hongaria juga tertarik bekerja sama di bidang IT, digital ekonomi dan peningkatan ketahanan pangan dan perdagangan produk pertanian. Peningkatan ketahanan itu berupa peluang investasi pengembangan gandum di Indonesia.

"Fokus ini yang akan segera dikerjakan dan kita berharap dari pertemuan ini nantinya kerja sama antara kedua negara akan lebih baik," ungkap mantan Wali Kota Solo ini.
Dalam pertemuan tersebut, Orban didampingi para menterinya dan 50 pengusaha Hongaria. Sedangkan Jokowi didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Mensesneg Pratikno, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi M. Nasir dan Menteri ESDM Sudirman Said.

KOMENTAR ANDA