08121026237 - 081280589457   679B873

Sudirman Said Beberkan Nama Pencatut Presiden Ke MKD

 Oleh : M Harahap | Senin, 16 November 2015 - 22.24 WIB | Dibaca : 519 kali
Sudirman Said Beberkan Nama Pencatut Presiden Ke MKD
Ketua DPR, Setya Novanto. Hal tersebut diungkap Sudirman dalam wawancara.

 

Sondinews. -   Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said akhirnya membeberkan nama politisi yang mencatut nama Presiden Jokowi dalam kasus Freeport. Ia menyebut politisi yang dilaporkan ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Senin (16/11) adalah Ketua DPR, Setya Novanto. Hal tersebut diungkap Sudirman dalam wawancara eksklusif di Metro TV, Senin (16/11) petang.

Dalam acara itu ditunjukkan sebuah foto surat laporan Sudirman dan tertulis nama Setya Novanto sebagai pihak terlapor.

“Di situ, ada kop surat kementerian, ada paraf saya. Saya kira, ya ini laporan yang saya bikin,” ujar Sudirman.

Sudirman menjelaskan bahwa ada seorang tokoh publik dari lembaga legislatif mengajak sebuah perusahaan yang tidak dalam kapasitasnya. Padahal, perusahaan tersebut, kata Sudirman, juga tengah bernegosiasi dengan negara.

Dari laporan Sudirman itu, disebutkan bahwa “politisi kuat” yang disebutnya telah meminta jatah saham kepada Freeport dan mencatut nama Presiden dan Wakil Presiden.

Anggota Komisi III DPR RI Arsul Sani mengapresiasi langkah Sudirman Said agar semua menjadi terang dan tidak menimbulkan fitnah di masyarakat.

Pimpinan Mahkamah Kehormatan DPR Junimart Girsang menyatakan tindak lanjut terhadap laporan Menteri ESDM Sudirman Said masih membutuhkan verifikasi lanjutan.          “Untuk itu kami sepakat menunggu bukti rekaman dari pelapor untuk kemudian dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh tenaga ahli kami,” kata Junimart.

Setelah Sudirman melapor ke MKD, Novanto tak kalah sigap. Ia menemui Wapres JK untuk memberikan klarifikasi terkait tudingan itu Ia membantah menjual nama Presiden dan Wapres terkait perpanjangan kontrak PT Freeport.

“Ya (klarifikasi), saya harus menyampaikan karena saya tidak pernah menggunakan masalah-masalah ini untuk kepentingan yang lebih jauh. Jadi saya enggak pernah membawa nama-nama presiden atau wapres,’ kata Setya, di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Senin (16/11)

“Yang saya lakukan adalah yang terbaik untuk kepentingan bangsa dan negara dan untuk masyarakat Indonesia,” kata  Setya.

Terkait dengan langkah Sudirman Said melapor ke MKD, Novanto menghargainya.

Setya mengaku kedatangannya menemui Wapres selain untuk klarifkasi isu yang menimpanya juga mengundang JK dalam acara pernikahan putrinya tanggal 4 Desember 2015.

KOMENTAR ANDA