08121026237 - 081280589457   679B873

3 Bulan Tak Digaji, Karyawan Merpati Mengadu ke Cak Imin

 Oleh : Redaksi | Minggu, 23 Februari 2014 - 04.32 WIB | Dibaca : 216 kali
3 Bulan Tak Digaji, Karyawan Merpati Mengadu ke Cak Imin
Jakarta -Karyawan PT Merpati Nusantara Airlines yang diwakili Forum Pegawai Merpati (FPM), siang ini akan menemui Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di kantornya.

Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari surat pengaduan FPM kepada Cak Imim terhadap kondisi di Merpati.

"Kami telah menerima surat undangan dari Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, di mana Kementerian mengundang FPM dan Pimpinan Merpati, untuk hadir dalam audiensi perselisihan industrial," kata Ketua Umum FPM Sudiyarto dalam siaran pers, Kamis (20/2/2014).

Sudiyarto menjelaskan karyawan akan menjelaskan kondisi terakhir Merpati, termasuk ditundanya pembayaran gaji karyawan hingga direksi Merpati sejak Desember 2013 atau hampir 3 bulan lalu.

Kisruh di Merpati ini timbul akibat kesulitan keuangan. Kondisi tersebut dipicu beban utang Merpati yang tinggi dan kondisi armada yang tidak efisien.

Alhasil manajemen memutuskan untuk menunda pembayaran gaji karyawan dan menghentikan sementara penerbangan Merpati mulai 1 Februari 2014 agar beban operasional tidak terus membengkak.

Penghentian penerbangan ini juga sejalan dengan program restrukturisasi dan revitalisasi Merpati. Program ini diharapkan mampu memperbaiki kinerja maskapai pelat merah tersebut.

KOMENTAR ANDA